Cara Mengetahui Titik Kerusakan Pada Ponsel

II. CARA MENGETAHUI TITIK KERUSAKAN PADA PONSEL
Di tahap kedua ini kita akan belajar Cara mengetahui titik kerusakan perangkat keras (Hadware) pada ponsel menggunakan Pc atau Leptop dg bantuan software Adobe Reader dan sebuah file schematics Nokia yg mau kita reparasi itu sendiri, wajib seorang teknisi mengetahui titik kerusakan sebelum ponsel di reparasi, kalo salah dalam penanganan ponsel bisa bisa tambah rusak atau sama sekali tidak bisa  di servic lagi,
Contoh; nokia X2-00 SIM Card gk kebaca, si mekanik langsung aja main panas2 kan IC tanpa dia tau conector simcard dari mana jalur nya, Bukannya sim card yg gk kebaca malah ponselnyaa sekarang gk nyala lagi!.
sekarang kita coba cek jalur kerusakan menggunakan schematic, dan mencari dimana? jalur simcard dan dari mana,mau kemana?

Gambar 1 jalur conector SIMCARD


Gambar 2 CONECTOR SIMCARD, R2312 dan D2800

dari gambar di atas kita dapat meliat jalur simcard awalnya dari IC D2800 setelah itu masuk ke R2312 selanjutnya ke conector sim card. setelah kita tau jalurya satu persatu, barulah kita memulai perbaikan dari tahap awal yaitu dari conector simcard, cek conector simcard, kalo conector simcard baik2 saja kita lanjut ke tahap yg ke dua.
Mngganti IC R2312, karna R2312 adalah IC/EMIF sincard, setelah kita ganti R2312 ponsel bisa mendeteksi simcard berarti kerusakan berada pada R2313, jika ponsel masih muncul, masukkan simcard, berarti kita ketahap yg selanjutnya.
Setelah kita sampai di tahap yg ketiga biasanya ponsel sudah berada dalam kondisi normal kembali.
Dan begitu juga sama halnya penanganan kerusakan ponsel yg lain.

Ditahap ketiga kita akan mencoba untuk belajar kayak mana cara membaca schematic ponsel nokia dg menggunakan pc/laptop klik disini


Semoga Sukses.



2 Responses to "Cara Mengetahui Titik Kerusakan Pada Ponsel"

  1. Keren mas om blognya, makasih info dan ilmunya, salam kenal...

    ReplyDelete